Pelantikan dan Pengukuhan KSH "SAHUL"

Pelantikan dan Pengukuhan KSH "Sahul"

Hiii Sahuler’s…..

Pada tanggal 5 – 6 Juni 2022 telah dilaksanakannya kegiatan pelantikan dan pengukuhan anggota KSH yang berlokasi di Curug Hiji Bogor, dimana kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali setelah 2 tahun pandemi virus corona. Sudah terhitung cukup lama kami tidak mengunjungi hutan untuk mengeksplor herpetofauna di dalamnya. Walaupun demikian kita tetap excited dan bersemangat menjalani kegiatan pelantikan serta pengukuhan hingga acara tersebut selesai. Dimulai pada hari Senin tanggal 5 Juni 2022 sekitar pukul 07.00 WIB kami yang terdiri dari Aqil, Reza, Azriel, Naca, Dhandi, Cinta, Bang Eggi, Bang Wibi, Kak Jusi, dan Bang Arif berkumpul di Laboratorium Universitas Nasional untuk briefing perjalanan menuju Curug Hiji dengan menggunakan transportasi kereta dan motor.

Persiapan menuju Curug Hiji

Perjalanan menuju Curug Hiji berjalan lancar, setelah berkumpul semua di Curug Hiji barulah kami membawa semua barang ke tempat perkemahan. Selanjutnya kami merapikan barang bawaan, membuat tenda serta dapur dengan kondisi hujan deras yang membasahi lokasi penginapan. Karena cuaca yang kurang baik, kami langsung membagi tugas untuk semua anggota yang hadir seperti membuat parit, mendirikan tenda, merapihkan barang, dan memasak. Setelah semua selesai langsunglah kami makan malam dilanjut dengan briefing untuk herping malam, dikarenakan hujan yang membasahi tempat perkemahan akhirnya kami membuat plan untuk kegiatan herping malam dilaksanakan pada pukul 21.00 WIB yang terdiri dari 2 tim.

Kegiatan Herping Malam

Mulailah herping dilakukan dengan kondisi yang masih gerimis tetapi semangat kami tetap membara dengan cerita dan keseruan yang terjadi kala herping. Terdapat beberapa jenis yang kami temukan di berbagai substrat yaitu batang pohon, batu, serasah, daun, air, dan rumput.

Substrat Batang Pohon : (Huia masonii)                           Serasah dan Rumput : (Phrynoidis asper)

Setelah selesai herping kemudian kami ke camp untuk melaksanakan kegiatan inti yaitu pengukuhan. Kami semua jalan menuju tempat pengukuhan yaitu di Curug Hiji. Sesampainya di tempat kami semua langsung berbaris kemudian merayap bersama sama di air, dengan makna seperti lirik dari mars KSH yaitu “di air di darat kita selalu semangat karena Sahul begitu kuat, dari gelap ke terang kita selalu semangat karena Sahul begitu kuat”. Kemudian kami semua menyampaikan harapan dan tujuan masing-masing sebagai anggota KSH. Setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan slayer oleh Kak Jusi dan Bang Arif sambil mencium bendera KSH. Kemudian diakhiri dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KSH, selesai sudah acara pengukuhan anggota KSH Sahul dengan keadaan cuaca dingin namun tetap hangat.

Kegiatan Herping Pagi

Sesampainya di camp kami langsung merapihkan barang, ganti baju, kemudian istirahat karena pagi harinya kami harus herping kembali.Waktu menunjukan pukul 06.00 WIB, kami pun bersiap – siap untuk melakukan kegiatan herping pagi. Herping di lakukan dengan antusias dan penuh semangat, dimana pada herping pagi terdapat beberapa jenis amfibi dari substrat yaitu serasah, batu, dan daun.

Substrat Batu : (Famili Ranidae)                                    Substrad daun : (Phrynoidis asper)

Setelah selesai herping, kembalilah kami ke camp pukul 11.00 WIB. Kemudian kami semua istirahat dan bersiap untuk kegiatan selanjutnya yaitu makan bersama (liwetan) dan sharing hasil herping Herpetofauna yang terdapat di Curug Hiji. Waktu menunjukan pukul 13.00 WIB, sambil menunggu makan siang siap kami melakukan sharing hasil herping malam dan siang. Setelah diskusi kami pun segera menyantap makanan yang disajikan, ini salah satu momen yang paling ditunggu, karena sudah cukup lama kami tidak makan secara bersama sama dalam satu tempat seperti ini lagi dikarenakan adanya pandemi. Setelah makan siang kami pun mengemasi barang, lalu foto bersama, dan kemudian kami bergegas untuk pulang.

Kami pun memulai perjalanan pulang sekitar pukul 16.00 WIB dengan 2 tim yaitu tim kereta dan motor yang akan berkumpul lagi di laboratorium Universitas Nasional. Sesampainya di laboratorium Universitas Nasional kami merapikan barang, kemudian kami semua pulang ke rumah dengan selamat. Selesai sudah acara pelantikan anggota KSH “Sahul”. Terima kasih untuk keluarga Sahul yang sudah berpartisipasi dan mensukseskan acara ini. Semangat, ceria, susah, senang, sedih, lelah semua kita lewati bersama. Sukses untuk kita semua ….

Foto bersama

Penulis : Cinta Ningtyas
Editor : Tim Publication, Information, & Documentation (PID)